Siap-siap Terpikat! Ini 5 Daya Tarik Desa Wisata Kampung Blekok, Jawa Timur

    Siap-siap Terpikat! Ini 5 Daya Tarik Desa Wisata Kampung Blekok, Jawa Timur

    SITUBONDO - Bertamasya ke desa wisata memang salah satu pilihan yang tepat untuk melepas penat serta kabur dari hiruk pikuk perkotaan. Nah, kalau Sobat Pesona mencari destinasi wisata Jawa Timur dengan nuansa alam yang asri, kami sangat menyarankan untuk mengunjungi Desa Wisata Kampung Blekok. Berlokasi di Kabupaten Situbondo, Kampung Blekok menjadi unik karena tidak hanya memiliki fungsi sebagai desa wisata, tetapi juga kawasan konservasi bakau atau mangrove.

    Buat Sobat Pesona yang tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Kampung Blekok, berikut rekomendasi 5 daya tarik atau atraksi yang tidak boleh dilewatkan!

    1. Melihat ragam burung air ciri khas Kampung Blekok
    Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi yang mengunjungi Desa Wisata Kampung Blekok adalah burung air yang terdapat di kawasan konservasi mereka. Melalui Peraturan Bupati Situbondo tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati, Desa Wisata Kampung Blekok telah ditetapkan sebagai kawasan bakau yang dihuni oleh burung air jenis ardidae yang juga lebih dikenal sebagai burung blekok.

    Nah, kalau Sobat Pesona ingin bertemu langsung dengan mereka, datanglah ke jembatan kayu atau menara pandang. Waktu terbaik adalah pagi pukul 05.00 WIB saat burung-burung pergi mencari makan atau pukul 17.00 WIB saat mereka pulang ke sarang. Pesona keindahan burung blekok yang menghiasi kawasan konservasi dijamin bakal bikin momen wisatamu tambah berseri-seri!

    2. Mengintip proses pembuatan kerajinan tangan kreasi warga lokal

    WARTAADHYAKSA.COM
    market.biz.id WARTAADHYAKSA.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Selain keindahan alam yang menakjubkan, Desa Wisata Kampung Blekok juga dikenal dengan kerajinan tangan masyarakatnya. Mulai dari pembuatan alat musik menggunakan bahan baku sampah, odheng atau penutup kepala khas Situbondo, juga kerajinan kayu dan kerang. Semua kerajinan tangan tersebut tidak hanya bisa kamu saksikan pembuatannya, tapi juga bisa kamu bawa pulang dan koleksi.

    3. Jalan-jalan sambil tambah wawasan di hutan bakau

    ARTIST.CO.ID
    market.biz.id ARTIST.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Kawasan hutan bakau atau mangrove di Kampung Blekok dapat menjadi atraksi sendiri, terutama buat Sobat Pesona yang menyukai berjalan-jalan menikmati sensasi alam bebas. Ada banyak sarana pendukung yang bisa dimanfaatkan, seperti jembatan kayu di tepi hutan bakau yang biasa dimanfaatkan para pengunjung untuk melihat panorama alam hutan mangrove serta burung blekok di sekitar kawasan. Terlebih, Sobat Pesona juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi Kampung Blekok atau berfoto dengan pemandangan dermaga Panarukan yang membentang ke tengah laut. Apapun yang kamu lakukan, pokoknya dijamin seru, deh!

    4. Santai sore ditemani matahari terbenam di spot instagenic

    Ingin sekadar bersantai di Desa Wisata Kampung Blekok? Tidak perlu khawatir, karena hutan bakau di Desa Wisata Kampung Blekok juga dilengkapi dengan kafe dan spot foto yang instagenic buat para pengunjungnya. Sobat Pesona bisa mengambil banyak gambar untuk diunggah di Instagram feed terlebih dahulu, lalu beristirahat di kafe saat hari sudah menjelang sore. Pemandangan senja yang akan kamu temui di Desa Wisata Kampung Blekok dijamin akan mewarnai momen liburan kamu menjadi tak terlupakan!

    5. Mencicipi nikmatnya hidangan lokal rujak petis

    Mengunjungi Desa Wisata Kampung Blekok tidak akan lengkap rasanya kalau tidak menyantap camilan khas mereka, yaitu rujak petis. Hidangan ini terdiri dari berbagai sayuran yang dicampur dengan sejenis sambal manis dari kacang dan juga petis udang. Selain itu, rujak petis juga selalu ditambah dengan tahu dan tempe untuk menyempurnakan nutrisi. Buat kamu yang suka makan rujak, hidangan manis gurih dan pedas ini wajib untuk kamu coba.

    Desa Wisata Kampung Blekok memang memiliki pesona tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Kalau Sobat Pesona tertarik dan berencana untuk berkunjung ke sini, kami ingin mengingatkan untuk selalu patuh pada protokol kesehatan yang berlaku. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan kebiasaan baik seperti memakai masker di tempat umum, menjaga jarak dengan pengunjung lain, dan mencuci tangan sesering mungkin. Terakhir dan yang paling penting, jangan lupa untuk melengkapi dosis vaksin agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga Sobat Pesona tetap sehat selalu!

    Nasi Goreng Gila
    market.biz.id Nasi Goreng Gila
    20% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    Blekok Situbondo Jatim
    Administrator

    Administrator

    Artikel Sebelumnya

    Labuan Bajo, Sepetak Surga di Timur Indonesia

    Artikel Berikutnya

    Danau Toba, Keajaiban Dunia di Sumatera...

    Komentar

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 22

    Postingan Tahun ini: 172

    Registered: May 25, 2021

    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed verified

    Postingan Bulan ini: 8

    Postingan Tahun ini: 71

    Registered: Nov 23, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 8

    Postingan Tahun ini: 68

    Registered: Nov 15, 2021

    Rosmini

    Rosmini verified

    Postingan Bulan ini: 8

    Postingan Tahun ini: 16

    Registered: Dec 14, 2021

    Profle

    Sumarno verified

    Polres Sumbawa barat Berikan Pengamanan Pertandingan Sepak Bola
    Lakukan Pengamanan Obvitnas, Lima Anggota Sat Samapta Diturunkan
    Sumbar Salurkan Sapi Kurban Presiden Jokowi ke Daerah Terdampak Bencana
    Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XV di Padang

    Rekomendasi

    Polres Bima Kota Bersama Aparat Gabungan, Sita Puluhan Sajam Saat Amankan Bentrok Warga di Melayu
    Ketua DPRD Parepare Hadiri Pelantikan Pengurus Sibolata ;Berhadiah Umroh
    Amankan Bentrok Antar Kelompok Warga, Kapolres Kota Bima Pimpin Apel Gabungan
    Danrem 084/BJ Ikuti Apel Komandan Satuan TNI AD
    H. Wahyu Nurjamil, Hadiri Acara Halal Bihalal TTKKDH Kabupaten Tangerang

    Ikuti Kami